Plh Sekda Papua, Muhammad Musa’ad

JAYAPURA (PB.COM) – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018 akan diumumkan dalam bulan ini.

Plh Sekda Papua, Muhammad Musa’ad kepada wartawan di Jayapura, Jumat (17/7/2020) mengaku, seleksi CPNS formasi 2018 sudah ada hasilnya tinggal diumumkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Hasil untuk CPNS 2018 sudah ada, kemarin sudah dibahas untuk diumumkan secara serentak,” kata Musa’ad.

Namun mengenai mekanisme pengumuman hasil tes CPNS, ujar Musa’ad masih dipertimbangkan. Sebab, perlu memperhatikan protokol kesehatan karena Covid-19. “Intinya menyepakati bagaimana cara pengumumannya,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk penerimaan CPNS formasi 2018 sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati bahwa 80 persen kuota untuk orang asli Papua (OAP) dan 20 persen bagi non-OAP. “Selain itu, hasil tes berdasarkan peringkat,” tandasnya.

Ia mengakui, berdasarkan kebijakan tersebut pusat telah menetapkan hasilnya dan Pemerintah Pusat telah menyerahkan hasilnya ke Pemprov Papua.

“Kemudian provinsi melakukan evaluasi atau mengecek terhadap hasil tersebut apakah sudah sesuai atau tidak, apakah benar-benar sudah sesuai 80:20 persen. Jika sudah sesuai akan kembali dikirim ke Jakarta kemudian keluar hasilnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicolaus Wenda saat dihubungi via telelon selelurnya, Jumat (17/7/2020) membenarkan bahwa hasil seleksi CPNS formasi 2018 akan diumumkan bulan ini.

“Pengumuman dilakukan tidak serentak tetapi nanti akan diumumkan sesuai dari jadwal masing-masing kabupaten. Nanti pengumuman akan dilakukan melalui media dan online,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box