2.346 Sapi Siap Dipotong Jelang Idul Adha

Ilustrasi hewan kurban

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 2020 dapat terpenuhi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa kepada wartawan di Jayapura, Senin (27/7/2020) mengaku, saat ini jumlah sapi yang siap dipotong sebanyak 2.346 dan kambing 450 ekor.

“Ketersediaan hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha di Provinsi Papua setiap tahun tidak pernah ada masalah, selalu terpenuhi. Baik sapi maupun kambing,” kata Siriwa.

Menurutnya, ketersediaan hewan kurban didapatkan dari peternak di Provinsi Papua. Jumlah populasi sapi dan kambing secara umum mencukupi untuk kebutuhan pemotongan hewan kurban. Namun Kabupaten Mimika mendatangkan dari luar Papua untuk kepentingan ekonomi.

“Ketersediaan hewan kurban di Kepulauan Yapen dan Kota Jayapura serta Biak Numfor masih kurang dilihat dari perhitungan populasi,” terangnya.

Namun untuk Kota Jayapura, ujar Siriwa dapat dipenuhi dari Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi serta sapi bakalan tahun 2019.  Sedangkan kekurangan di Kabupaten  Kepulauan Yapen dan Biak Numfor didatangkan dari Waropen.

“Namun jika dibanding tahun lalu, populasi sapi tahun ini menurun 11 persen disebabkan Covid-19,” katanya lagi.

Sementara untuk pelaksanaan kurban mengacu pada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI No 008/SE/PK.320/F/2020 tentang Pelaksananan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Covid-19. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *