Sejumlah Pegawainya Positif Covid, Ini Langkah Yang Diambil Kadinkes Papua

 

Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes

 

JAYAPURA (PB.COM)—Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes membenarkan bahwa sejumlah pegawai di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya positif terinfeksi Covid-19 beberapa hari lalu.

“Ya benar, mereka adalah tim surveilans. Ya namanya pasukan, tetap kena luka kalau berperang. Hal yang wajar. Apalagi dari sekian ribu yang kita lakukan pemeriksaan, pegawai kita hanya sedikit yang kena. Ya namanya manusia, dalam tugas kadang  ada kelalaian sehingga lupa memproteksi diri sehingga tertular. Semuanya kasus ringan, ya semoga mereka cepat sembuh dan kembali bekerja,” ujar Robby Kayame menjawab papuabangkit.com, Minggu siang (16/08/2020).

Menurut Robby, menghadapi kasus ini, ada beberapa langkah yang diambilnya ke depan. Pertama, isolasi mandiri bagi staf yang positif terinfeksi Covid dan melakukan tracing ke keluarga yang kontak erat untuk memutus mata rantai penularan. Kedua, penyemprotan disinfektikan di seluruh ruangan  kantor yang terpapar. Ketiga, melakukan pemeriksaan swab seluruh staf Dinkes Papua mulai dari kepala dinas sampai cleaning service. Keempat, pemantapan protokol kesehatan di lingkungan kerja dengan menyiapkan tempat cuci tangan, wajib masker dan membatasi pengunjung.

“Mereka ini baru terkonfirmasi positif. Mereka baru pulang dari tugas di daerah. Mereka masuk dalam tim surveilans Satgas Covid-19 Papua. Ada yang dari Boven Digoel, Biak, Serui dan di Jayapura,” katanya.

Kendati demikian Kadinkes Robby menegaskan, pihaknya tetap semangat memerangi Covid di Provinsi Papua. Pada pekan depan, tim surveilans siap turun dalam beberapa grup ke 5 wilayah adat di Papua yakni Merauke, Nabire, Wamena, Biak dan Jayapura.

“Ada dua agenda besar yaitu penguatan tim Covid di daerah dalam rangka sinkronisasi program dan mendorong kegiatan rutin terus berjalan seperti imunisasi, kesehatan ibu dan anak, gizi, pengobatan dan perawatan,” tegas mantan Kadinkes Paniai ini.

Sebelumnya, pada Jumat (14/08/2020), Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual mengatakan bahwa terdapat 15 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov Papua yang positif terinfeksi virus asal Wuhan ini.

“Dari 15 orang itu, 9 orang diantaranya adalah Pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Untuk itu, para pegawai mulai diperiksa swab hari ini,” katanya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *