Gubernur Papua Lukas Enembe diwawancarai wartawan.

JAYAPURA (PB.COM) – Gubernur Papua Lukas Enembe rencananya akan meresmikan seluruh fasilitas olahraga dan venue PON XX 2021 dalam waktu dekat.

Menurut Lukas, sebelum diserahkan kepada KONI Papua dan Dinas Olahraga dan Pemuda Papua terlebih dahulu akan diresmikan. “Sebelum pelaksanaan, saya resmikan dulu pada bulan Oktober atau November,” kata Lukas Enembe.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua Alex Kapisa kepada wartawan, Senin (24/8/2020) mengatakan, saat ini proses pembangunan venue telah mencapai 95-97 persen.

“Peresmian antara bulan Oktober atau November, seluruh fasilitas yang dibangun Pemprov akan diresmikan gubernur,” kata Alex Kapisa.

Menurutnya, khusus untuk Stadion Papua Bangkit, Sport Center Kampung Harapan, maupun venue yang ada di Doyo, Kabupaten Jayapura, akan diresmikan gubernur serta beberapa fasilitas venue yang ada di Kota Jayapura.

Disinggung mengenai pengelolaan dan perawatan gedung wisma atlet, Alex Kapisa mengaku nantinya akan dikelolah oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di bawah naungan Disorda Papua.

“Untuk pemeliharaan, kami dari Disorda akan bersibergi dengan Dinas PUPR Papua dan secara organisasi pembentukan UPTD yang ada di bawah naungan Disorda akan bertugas pemelihraan perawatan fasilitas olahraga yang ada di kompleks olahraga Mandala,” terangnya.

Katanya, UPTD ini dalam waktu dekat akan terbentuk sehingga dari sisi SDM yang akan mengelola.

“Perawatan menjadi tanggung jawab Disorda Papua melalui UPTD ke depan yang akan bertugas merawat venue yang ada di kawasan Kota Jayapura, jadi bukan hanya Stadion Mandala,” ucapnya. (Toding)

Facebook Comments Box