Kabar Covid Papua: 1 Meninggal, 25 Kasus Baru, dan 5 Sembuh

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

 

JAYAPURA (PB.COM)—Satu pasien Covid-19 di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, Sabtu (29/08/2020) dinyatakan meninggal dunia setelah dua pekan lebih menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat. Ini merupakan kasus kematian pertama di Nabire dan wilayah Mee Pago, yang menambah jumlah kumulatif kematian akibat wabah asal Wuhan di Bumi Cenderawasih menjadi 43 orang (1 persen ) dari total  3.681 kasus.

“Pasien yang meninggal atas nama tuan SM (67) dirawat di salah satu rumah sakit milik pemerintah di Nabire selama 18 hari. Almarhum didiagnosis Covid-19 dengan kasus komorbid diabetes melitus dan jantung. Atas nama Satgas Provinsi Papua kami menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual kepada wartawan, Sabtu (29/08/2020).

Data infografis Covid-19 di Provinsi Papua per 29 Agustus 2020.

 

Menurut Sumule, hari ini juga terdapat tambahan 25 kasus pasien Covid baru yaitu  Mimika ada 23 kasus, Merauke 1 kasus, dan Kota Jayapura sebanyak 11 kasus. Jadi jumlah pasien yang sedang dirawat, baik isolasi mandiri, karantina terpusat maupun di rumah sakit sebanyak 524 atau 14 persen.

Juga ada tambahan 5 pasien sembuh yaitu Mimika 2 orang, Kota Kayapura 1 orang dan Kabupaten Jayapura 2 orang. Dengan demikian, jumlah kumulatif pasien yang sembuh adalah 3.114 orang atau 85 persen.

“Kami meminta perhatian khusus bagi kabupaten-kabupaten yang beberapa hari ini menunjukan trend kasusnya meningkat seperti Merauke, Mimika, Bak dan Nabire. Harapan kami, tetap ikut protokol kesehatan bagi seluruh masyarakat. Khusus untuk pergerakan, Tim Gugus Tugas, petugas KKP dan surveilans harus memantau dengan ketat. Segera lakukan test cepat kalau ada kecurigaan. Saya jaga ko ko jaga saya, kitorang semua selamat,” kata Sumule yang pada Jumat (27/08/2020) dilantik menjadi Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Jayapura ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *