Tim Kemenkes dan Penjabat Sekda Papua, Ridwan Rumasukun didampingi Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame, Ketua Harian Satgas Covid-19 Papua Willem Manderi foto bersama setelah melakukan pertemuan, Kamis (17/9/2020)

JAYAPURA (PB.COM) – Tim dari Kementerian Kesehatan akan berada di Bumi Cenderawasih selama dua pekan dengan tugas membantu menekan angka baru Covid-19, menurunkan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan.

Hal ini diungkapkan Dr Irwan Trihapsoro, selaku Tenaga Ahli kementerian Kesehatan, bidang krisis kesehatan usai melakukan pertemuan dengan Penjabat Sekda Papua, Ridwan Rumasukun di ruangan kerjanya, Kamis (17/9/2020) didampingi Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame, Ketua Harian Satgas Covid-19 Papua Willem Manderi.

“Kami tim kementerian kesehatan datang ke 9 provinsi dan salah satunya di Papua, kami diberikan tugas Presiden selama dua mimggu di Papua,” katanya.

Menurutnya, selama di Papua pihaknya akan bekerjsama dengan Pemda, Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Papua serta instansi terkait.

“Selama kami disini, kami melakukan langkah-langkah untuk  menurunkan Covid-19, pertama kami akan melihat permasalahan  apa yang ada di rumah sakit, karena untuk menurunkan angka kematian, menaikkan angka kesembuhan dan menekan kasus baru, rumah sakit harus memiliki SDM yang cukup serta sarana yang cukup serta akan melihat kekurangan untuk mendapat bantuan dari pusat,” jelas dr. Irwan.

Selain itu, pihaknya akan gencar melakukan kampanye masker serta akan melihat sejauhmana Protap kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat dan perkantoran.

“Pak Menteri sudah melakukan gerakaan pembagian masker, sudah beberapa minggu lalu. Untuk di Papua akan dilakukan pembagian sebanyak 12 ribu masker,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame mengaku setelah melakukan kunjungan pada beberapa daerah bersama Satgas Covid-19 Papua yang dibutuhkan adalah PCR.

“Kita membutuhkan PCR dan APD, karena animo masyarakat untuk melakukan pemeriksaan diri cukup tinggi,” terangnya.

Disinggung mengenai meningkatnya angka kasus Covid-19 di Papua, Kayame mengaku peran dan partisipasi masyarakat harus ditingkatkan dalam menggunakan masker.

“Kota Jayapura dulu bagus, kalau Kota tidak bagus daerah lain bagaimana. Masyarakat di Kota Jayapura mengamankan kebijakan gubernur dan Presiden dalam menggunakan masker, sosial distancing dan cuci tangan,” terangnya. (Toding)

Facebook Comments Box