Pemkot Minta Masyarakat yang Terpapar Covid-19 Isolasi Mandiri

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penangaan Covid-19 Wakil Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Kota Jayapura minta masyarakat yang terpapar Covid-19 agar segera melakukan isolasi mandiri dan mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura Rustan Saru mengaku, sejak pemberlakuan adaptasi New Normal justru kasus Covid-19 meningkat di Jayapura. “Hal ini disebabkan masyarakat yang terpapar tidak disiplin dan tidak menaati protokol kesehatan,” katanya.

Ia mengakui kasus yang muncul saat ini merupakan cluster keluarga, dimana masyarakat tidak disiplin melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Banyak yang kita temukan saat ini adalah cluster keluarga, Oleh sebab itu kita minta masyarakat yang terpapar Covid-19 segera isolasi mandiri yang tertib, disiplin protokol dan jangan kemana-mana,” terangnya.

Sebab, kata Rustan, jika masyarakat tidak disiplin maka akan muncul cluster baru karena masyarakat yang melakukan karantina mandiri tidak disiplin tinggal di rumah.

“Ini terjadi karena sudah dibukanya aktifitas yang begitu luas sampai malam bahkan juga terjadi akibat isolasi mandiri yang tidak ditaati oleh warga karena masih bisa kemana-mana,” ujarnya.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, Pemkot Kota Jayapura berencana akan mencari tempat untuk melakukan isolasi mandiri terpusat.

“Dalam waktu dekat kita akan mencari tempat untuk isolasi mandiri, kita satukan agar tidak lagi isolasi di rumah,” katanya lagi.

Ia mengaku Gugus Tugas Penanganan Covid-10 Kota Jayapura bersama tim akan terus melakukan swiping dan pemantauan serta operasi pada kegiatan sosial seperti pernikahan setiap Sabtu dan Minggu. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *