Tingkatkan Kualitas Manajemen, Bupati Tolikara Teken MoU dengan BPKP Papua

Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo, SE,M.Si menandatangani nota kesepahaman bersama Kepala BPKP Papua Yan Setiadi di Grand Abe Hotel, Jumat (18/09/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – Guna meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance dan Clean Governance), Pemerintah Kabupaten Tolikara melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Papua di Hotel Grand Abe, Jayapura, Jumat (18/9/2020).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, bertujuan BPKP tidak hanya mengawal penggunaan anggaran, tetapi meningkatkan kualitas manajemen dengan memberikan pendampingan. Selain itu juga mengawal penggunaan anggaran Covid-19 di Kabupaten Tolikara.

Acara penandatanganan MoU dihadiri Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si didampingi beberapa Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tolikara, sementara itu dari BPKP dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi bersama beberapa staf.

Kerjasama Pemkab Tolikara dan BPKP Papua sebagaimana tertuang dalam MoU dimaksud memuat tentang peningkatan kualitas manajemen dan kinerja perangkat daerah termasuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolikara.

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo dalam arahannya mengakui, pihaknya masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu ia sangat berharap dukungan dan kerja sama yang baik dari BPKP dalam meningkatkan kemampuan kualitas manajemen pemerintahan dan kinerja perangkat daerah.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dan kerja sama dari BPKP. Beberapa kerja sama yang akan kita tingkatkan terutama dalam pembinaan, pengawasan, dan pelatihan skill/kemampuan ASN. Kami berharap melalui kerja sama ini semangat kerja ASN Kabupaten Tolikara ke depan menjadi lebih baik,” ujar Bupati Usman.

Ia juga mengatakan, dengan adanya peningkatan kualitas manajemen pemerintahan dan kinerja perangkat daerah, khususnya dalam perencanaan dan penyusunan laporan keuangan, tahun depan Pemkab Tolikara bisa meraih predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Sementara itu Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua, Yan Setiadi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemkab Tolikara yang memiliki komitmen dalam meningkatkan kinerja perangkat daerah.

“Kami sangat apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara atas komitmennya melakukan kerjasama dalam penyelenggaraan dan pelaporan keuangan daerah,” kata Yan Setiadi.

Guna mencapai hasil atau predikat terbaik, lanjutnya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah, diantaranya terkait strategi manajemen, sistem pengendalian dan tingkatkan kompetensi dengan pelatihan bagi ASN.

“Saya percaya  semua pemimpin kita Bupati/Wali kota dan Gubernur visi dan misinya itu sama yaitu meningkatkan pendapatan rakyat  dan meningkatkan  nilai daya saing. Tinggal bagaimana membuat strateginya,” kata Yan Setiadi.

Menurutnya, untuk mencapai hasil laporan keuangan yang baik, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah yakni strategi manajemen, manajemen kinerja, membangun sistem pengendalian dan pelatihan tenaga profesional bagi ASN.  (Gusty Masan Raya/Diskominfo Tolikara)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *