Telkom Telah Siapkan Insfrastruktur Dukung PON XX Papua

General Manager PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Witel Papua, Sugeng Widodo menerima kunjungan Sekretaris Umum PB PON Papua, Elia Loupatty, Koordinator Bidang IT, Kansiana Saleh dan Thomas Sibi di Kantor Telkom Papua, Rabu (23/9/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – PT Telekomunikas Indonesia telah menyiapkan sarana infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX tahun 2021 Papua.

Hal ini diungkapkan General Manager PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Witel Papua, Sugeng Widodo usai menerima kunjungan Sekretaris Umum PB PON Papua, Elia Loupatty, Koordinator Bidang IT, Kansiana Saleh dan Thomas Sibi di Kantor Telkom Papua, Rabu (23/9/2020).

“Kami akan all out mendukung PON, dimanaKami sudah menyiapkan infrasturktur telekomunikasi untuk menyukseskan PON, baik di clester Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika,” kata Sugeng.

Ia mengaku, kebutuhan bandwicth yang dibutuhkan untuk PON sudah disiapkan. “Secara infrastruktur sudah kita siapkan untuk membackup dan mendukung kegiatan selama pelaksanaan PON nanti,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi jaringan kabel fiber optik putus, pihaknya akan memanfaatkan keberadaan Palapa Ring untuk mendukung ketersediaan jaringan internet selama PON.

“Kita akan manfaatkan keberadaan Palapa Ring untuk antisipasi kabel fiber optik di laut Sarmi putus, karena ada gunung berapi diantara perairan Sarmi dan Biak, bahkan kabel optik di jalur tersebut sudah dibuat dua jalur,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PB PON Papua, Elia Loupatty menuturkan, kedatangan PB PON ke PT Telkom Papua untuk berkoodinasi sekaligus memastikan jaringan internet di empat klaster penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

“Kita ingin memastikan bahwa Telkom siap melayani dan mendukung Papua, sehingga pelayanan jaringan internet selama penyelenggaraan PON berjalan aman dan lancar,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya juga akan berkunjung ke Jakarta untuk bertemu dengan pimpinan Telkom untuk memastikan lagi kesiapan Telkom dalam penyediaan jaringan internet selama pelaksanaan PON.

“Semua kesiapan boleh berjalan kalau jaringan internet macet, tentu tidak ada masyarakat Indonesia yang meenonton event empat tahunan tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, PON XX tahun 2021 di Papua memang berbasis Information Technologi, mulai dari pendaftaran peserta PON, wartawan dan lainnya. “Makanya, kami mengharapkan dukungan Telkom untuk menyediakan seluruh fasilitas telekomunikasi dan layanan internet di semua lokasi penyelenggaraan PON di Papua,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *