Gubernur Lukas Bangga Papua Miliki Venue Berstandar Internasional

Gubernur Papua Lukas Enembe, saat meninjau sejumlah pembangunan venue di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Jumat (2/10/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH bangga atas venue berstandar internasional yang dimiliki Provinsi Papua yang akan digunakan pada perhelatan PON XX 2021.

Hal ini diungkapkan Gubernur Papua Lukas Enembe, saat meninjau sejumlah pembangunan venue di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Jumat (2/10/2020).

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah venue Voli Indoor dan Voli pasir (pantai-red) di Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Jumat (2/10/2020).

Selanjutnya, Gubernur didampingi Penjabat Sekda Papua, Doren Wakerkwa, Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa dan sejumlah kepala OPD lainnya meninjau venue Istora Papua Bangkit, Aquatic dan Stadion Lukas Enembe yang akan diresmikan tanggal 20 Oktober mendatang.

“Nantinya venue yang dibangun untuk PON ini akan dinikmati oleh generasi Papua ke depan,” kata Lukas.

Oleh karena itu, Gubernur memberikan motivasi kepada para atlet anak-anak Papua maupun atlet PON Papua untuk berlatih dengan baik agar dapat menorehkan prestasi terbaik pada saat pelaksanaan PON nanti.

“Kita target juara umum diluar provinsi pulau Jawa, saya mengajak para atlet untuk berlatih dengan baik, serta mohon dukungan dan doa dari masyarakat Papua agar penyelenggaraan PON XX tahun 2021 dapat berlangsung dengan aman dan sukses,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Papua untuk bersatu mensukseskan PON XX di bumi Cenderawasih.

“Wartawan tulis itu, masyarakat yang pesimis bilang PON tidak jadi, sekarang kita sudah bangun semua venue berstandar Internasional, PON pasti jadi, kita siap menjadi tuan rumah yang baik kepada semua peserta dari 33 provinsi se Indonesia,” katanya.

Dengan adanya venue-venue terbaik ini, kata Gubernur, usai menyelenggarakan PON, Papua bisa menyelenggarakan ivent internasional lainnya.

“Tujuan kita bangun venue dengan standar Internasional tak hanya untuk penyelenggaraan PON, tapi bisa menjadi tuan rumah event Asia bahkan Olimpiade tahun 2032,” tandasnya.

Untuk itu, Gubernur harapkan PON dapat berjalan sukses dengan adanya dukungan dari masyarakat. “Mari kita semua bersatu dan optimis jangan lagi ada pesimis. Kalau kita semua bersatu, PON pasti akan berjalan sukses,” jelasnya.

Gubernur juga berharap, atlet Papua tidak hanya berprestasi nantinya di PON, tapi pada event Internasional yang akan berlangsung di Papua, harus ada anak-anak Papua terpilih masuk dalam kontingen Indonesia.

“Kita harus siapkan atlet yang terbaik, bukan yang suka mabuk-mabukan, Papua harus siapkan atlet berprestasi untuk mengukir sejarah di tanah sendiri, kita Papua sudah sangat siap jadi tuan rumah PON, bukan 100 persen, sudah siap 200 persen,” tegasnya.

PON XX 2021 akan dilaksanakan pada 2-14 Oktober 2021. Ajang olahraga empat tahunan ini digelar di empat kabupaten/kota, Yakni Kabupaten/Kota Jayapura, Merauke dan Mimika. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *