Penjabat Sekda Papua Doren Wakerkwa

JAYAPURA (PB.COM) – Penjabat Sekda Papua Doren Wakerkwa mengharapkan pemerintah pada 11 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada, agar mengalokasikan anggaran untuk Alat Pelindung Diri (APD).

“Pilkada harus sukses dilaksanakan, namun tetap aman dari COVID-19 sehingga masyarakat juga terhindar dari virus ini,” Katanya kepada wartawan di Jayapura, Selasa (6/10/2020).

Menurut Doren, anggaran yang ada juga harus memprioritaskan penyediaan hand sanitizier, masker, sarung tangan dan peralatan kesehatan lain yang menunjang penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, Pejabat sementara (pjs) bupati pada 11 kabupaten penyelenggara pilkada agar segera menerbitkan peraturan kepala daerah (perkada) terkait penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Hal ini harus segera dilakukan agar pelaksanaan pilkada tidak hanya sukses, namun juga aman dari penyebaran COVID-19. Para pejabat sementara bupati ini dipilih dengan kemampuannya masing-masing dan diharapkan dapat menindaklanjuti perkada tersebut,” katanya.

Menurut Doren, pihaknya mengharapkan agar para pejabat sementara bupati ini mengedepankan penerapan protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 ini dapat diputus mata rantainya.

“Kami berharap langkah awal yang dilakukan adalah menerbitkan perda penegakan disiplin protokol kesehatan,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box