Papua Raih Penghargaan Provinsi dengan TPID Terbaik 2020

Pemerintah Provinsi Papua meraih pernghargaan sebagai provinsi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tahun 2020 untuk kawasan se-Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua meraih pernghargaan sebagai provinsi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tahun 2020 untuk kawasan se-Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Selain meraih pengharaan TPID terbaik, Pemerintah Provinsi Papua juga mendapat piagam pengharaan  dari Kementerian Keuangan atas keberhasilan berhasil meraih opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut dari BPK RI.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Syaiful kepada wartawan, Selasa (27/10/2020) mengaku selain Pemprov Papua, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Asmat, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, kabupaten Mimika dan Kabupaten Kepulauan Yapen juga meraih hal yang sama karena berhasil meraih WTP lima kali berturut-turut.

“Diharapkan dengan adanya pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan sinergi antara Kementerian Keuangan dengan Pemda dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara di Provinsi Papua, dengan harapan dapat dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua,” katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD tahun 2019, terdapat 17 Kabupaten/kota yang berhasil meraih WTP. Dimana WTP merupakan opini terbaik dalam audit laporan keuangan Pemda.

“Dari 29 kabupaten/kota termasuk provinsi, 60 persen Pemda di Provinsi Papua memperoleh WTP,” terangnya.

Jika dibandingkan tahun opini atas LKPD tahun 2018, dimana terdapat 11 dari 30 (36,7 persen) Pemda memperoleh WTP, sehingga terdapat peningkatan kualitas yang signitifikan sebesar 23,3 persen.

“Kementerian keuangan akan menyiapkan tenaga keuangan untuk mendampingi dan membantu kepala daerah dalam mengelolah keuangan termasuk semua hal terkait dengan tata kelola yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda Papua Doren Wakerwa mengapresiasi penghargaan dari Kementerian Keuangan terhadap Pemprov Papua dan tujuh kabupaten/kota yang juga meraih penghargaan.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Kementerian Keuangan atas penghargaan ini,” ucapnya.

Ia berharap ke depan kerjasama terus ditingkatkan untuk mencapai pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi, sebab saat ini Pemprov Papua dalam penyusunan telah menggunakan sistem akrual dalam penyusunan APBD.

“Kerjasama ini kita tingkatkan ke depan, sehingga ke depan sama-sama sinergi dan kami harap dukungan dan perhatian supaya ke depan dapat lebih baik,” tandasnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *