Dirjen Pertahanan Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Lingkup PendidikanDirjen Pertahanan Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Lingkup Pendidikan

Sosialisasi, Kesadaraan Bela Negara di Lingkup Pendidikan Provinsi Papua, melalui meeting zoom, Rabu (11/11/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – Guna membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara Indonesia, untuk senantiasa cinta kepada tanah air adalah memiliki kesadaran bangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pertahanan, Mayor Jendral TNI Dadang Hendrayudha pada kegiatan Sosialisasi, Kesadaraan Bela Negara di Lingkup Pendidikan Provinsi Papua, melalui meeting zoom, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan ini di hadiri 130 orang siswa, guru, mahasiswa dan dosen se-Papua, selama dua hari.

“Aktualisasi nilai-nilai bela negara tersebut penting, dan dibutuhkan bagi negara, terlebih bila mencermati perkembangan dinamika ancaman saat ini, yaitu di era kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi saat ini,” katanya dalam kegiatan tersebut.

Ia berharap kepada para dosen, guru, mahasiswa, dan pelajar yang hadir dapat menjadi role model dan garda terdepan dalam mengaktualisasikan dan menyebarluaskan nilai-nilai bela negara di lingkungannya masing-masing, baik di Sekolah maupun Kampus, serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kegiatan tersebut dihadiri empat narasumber yakni, Brigen TNI Dr. Jubei Levianto selaku Direktur Bela Negara,Ditjen Pothan Kemenhan dengan Tema Bela Negara Sishankamrata yang mana dalam paparannya mengatakan pendidilan bela negara bukanlah pendidikan militer tapi milik semua masyarakat, untuk itu sikap Bela negara penting di tumbuhkan di era saat ini,

Lalu  Aster Kodam XVII  Cenderawasih, Kol. Inf Wempi Ramandei dengan tema 4 Konsensus dasar berbangsa dan bernegara yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sedangkan narasumber ketiga Kadisdik Provinsi Papua, Christian Sohilait  dengan tema Kearifan Lokal Papua untuk Indonesia yang mana ini sangat penting agar kearifan lokal di Papua ini tetap terjaga.

Dan keempat Jery Agus Yudianto, Kadis Kominfo Provinsi Papua, dengan tema Bijak Bermedia sosial bagian dari bela negara. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *