Membumikan Ilmu Geologi, Pengda IAGI PAPUA Goes to Campus

Para penguruan IAGI Provinsi Papua saat menggelar rapat, Kamis (04/03/2020) di Entrop, Kota Jayapura.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Papua terus berupaya membangun sinergisitas dengan masyarakat akademik kampus untuk meningkatkan pemahaman akan ilmu geologi.

Dalam rapat yang dilaksanakan pada Kamis (04/03/2020) di Entrop, Kota Jayapura, Sekretaris IAGI, Marcelino Yonas menyampaikan beberapa agenda terdekat yang akan dilaksanakan yaitu field trip dibeberapa spot geologi dan kegiatan webinar tentang kebencanaan dan tata ruang dari perspektif geologi.

Field trip rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret. Kegiatan dimulai dari telaga Maya hingga Nafri (Kabupaten dan Kota Jayapura), dan terbuka peluang hingga ke situs air panas di daerah Moso (perbatasan PNG). Kegiatan ini elibatkan mahasiswa Uncen (Tambang, Geologi, Geofisika), Teknik Geologi USTJ dan Universitas Ottow Geisler. Target kami 20 mahasiswa,” kata Yonas sebagaimana rilis diterima redaksi papuabangkit.com.

Sementara itu, Ketua Umum Pengda IAGI Papua, Robert L.N. Awi yang juga merupakan Kepala Dinas Perindustrian Perdanganan Koperasi dan UKM Kota Jayapura menyambut baik kegiatan ini.

“Kedepan, kegiatan seperti ini harus terintegrasi dengan kegiatan akademik mahasiswa (kuliah lapangan) sehingga memberikan manfaat bagi kampus dan perkembangan ilmu geologi di Tanah Papua,” ujar Robert.

Ia menjelaskan, agenda field trip lainnya yakni pada bulan Agustus-September 2021. IAGI Papua rencanannya akan melaksanakan field trip di sekitaran Kepulauan Yapen. Juga terbuka peluang untuk menjajaki wilayah Meepago seperti Nabire, Paniai dan Dogiyai.

Pengda IAGI Papua merupakan organisasi berbasis keilmuan dan merupakan bagian dari IAGI Pusat. Di Provinsi Papua, anggota IAGI terdiri dari pengajar kampus Uncen, USTJ, Ottow Geisler dan pegawai Dinas ESDM Provinsi Papua (Gusty/Karl Meak)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *