Jalani Fit and Proper Test, Lukas Enembe Yakin Didukung Golkar

 

Lukas Enembe berjabatan tangan dengan Plt. Ketua DPD I Golkar Papua, Azis Samual usai menjalani fit and proper testi Graha Karya Bakti Pemenangan Pemilu DPP Golkar Slipi, Jakarta Barat, Kamis (20/07/2017)

JAKARTA (PB)—Bakal Calon Gubernur Papua periode 2018-2023 Lukas Enembe, SIP.MH, Kamis,  (20/07/2017 menjalani  fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) calon kepala daerah Partai Golkar di Graha Karya Bakti Pemenangan Pemilu DPP Golkar Slipi, Jakarta Barat. Uji kelayakan ini merupakan tahapan dan mekanisme Partai Golkar yang wajib diikuti setiap bakal calon gubernur Papua yang telah mendaftar di partai berlambang pohon beringin itu.

Lukas yang juga ketua DPD Partai Demokrat Papua datang didampingi Ketua Fraksi Demokrat DPR Papua, Jefry Kaunang dan Wakil Ketua DPD Demokrat Papua (demisioner) Carolus Bolly, SE.MM, dan Sekretaris DPD Demokrat Papua (demisioner) Rifai Darus. Kedatangan Lukas diterima oleh Plt. Ketua DPD I Golkar Papua, Azis Samual, Plh. Ketua DPD Golkar Papua Paskalis Kossay, Plt. Sekretaris  DPD I Golkar Papua Azis Bauw, dan Ketua Tim Seleksi Kepala Daerah DPD I Partai Golkar Papua, Sefnath Masfinith.

Lukas Enembe saat menjalani fit and proper test dari DPD Partai Golkar Papua

Usai menjalani Fit and Proper Test, Lukas Enembe menjelaskan bahwa dirinya optimis didukung oleh Partai Golkar karena telah mengikuti fit and proper test yang dilaksanakan dan partai ini memiliki kesamaan visi dengannya.

“Hari Ini saya sudah mengikuti fit and proper tes di Golkar, intinya pertanyaan yang ditanyakan menyangkut kepemimpinan termasuk selama saya menjabat, apa saja yang sudah saya lakukan,” ujarnya.

Lukas yang juga masih menjabat Gubernur Papua ini menyatakan meski ada beberapa bakal calon (balon) gubernur lainnya yang ikut mendaftar ke partai pimpinan Setya Novanto tersebut, namun dirinya optimis akan mendapat dukungan karena siap berpasangan dengan kader Golkar.

“Sejauh ini, tinggal mengikuti  fit and proper test di Partai PKS, Hanura serta Partai Gerindra. Kalau di PDIP, saya belum tahu, kalo Demokrat sendiri sudah pasti mendukung saya,” kata Lukas.

Lukas Enembe berfoto bersama pengurus DPD Partai Golkar Papua usai menjalani fit and proper test

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi Kepala Daerah tahun 2018 DPD Partai Golkar Papua, Sefnath Masnifit, SH menyebutkan bahwa pihaknya merujuk pada Juklak 06/DPP/Golkar/VI/ 2016, dimana partai memberikan peluang kepada siapa saja kader terbaik partai untuk maju dalam momentum pilkada, baik Pilkada Gubernur, Bupati, dan Walikota.

“Jadi dalam Juklak 06 dijelaskan secara komprehensip, bagaimana Partai Golkar melakukan proses penjaringan calon kepala daerah baik calon gubernur, calon bupati, maupun walikota,” katanya.

Menurut Sefnath,  selain Lukas Enembe ada kandidat bakal calon gubernur lainnya yang juga akan mengikuti tahapan itu yakni Lenis Kogoya, Albert Yoku, Paulus Waterpauw, John Wempi Wetipo, Toenjes Swansen Maniagasi, SH dan Yusak Samuel Maniagasi. Sementara untuk posisi bakal calon wakil gubernur terdapat beberapa nama yakni Klemen Tinal, SE.MM, Habel Melkhias Suwae, Marthen Marey, dan Ramses Wally.

Ketua Timsel Kepala Daerah tahun 2018 DPD Partai Golkar Papua, Sefnath Masnifit,SH saat memberi keterangan pers kepada wartawan

“Hingga kini tinggal Paulus Waterpauw yang belum ikut fit and proper test, dia dalam waktundekat akan ikut juga,” katanya.

Ditanya pers, Sefnath tidak menampik jika ada peluang Partai Golkar mendukung Lukas Enembe. Hal ini karena kader Golkar, Klemen Tinal yang saat ini masih berstatus Wakil Gubernur Papua bersama-sama Lukas memimpin Papua dengan damai tanpa konflik.

“Kita masih melihat kandidat, secara resmi tanggal 1 Juli kami serahkan nama ke DPP,” bebernya.

Sefnath menjelaskan, pihaknya telah merangkul Lembaga Survei Indonesia (LSI) untuk melakukan survei kepada 8 kandidat tersebut dan menentukan siapa kandidat yang didukung oleh Partai Golkar pada Pilgub 2018 mendatang.

“Hasil survei tentu menjadi acuan bagi kita untuk menentukan siapa yang kita dukung, kita target masuk pemerintahan,” ujarnya. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *