Sekda Papua Hery Dosinaen saat memberikan bantuan ternak babi dan sapi kepada tiga kelompok usaha bersama di Kabupaten Keerom.

KEEROM  (PB) – Tiga kelompok usaha bersama di Kampung Wulukubun dan Walma, Arso XIV, Kabupaten Keerom, mendapat bantuan ternak hewan dari Pemerintah Provinsi Papua.

Seperti kelompok Plafor mendapat bantuan 15 ekor sapi. Sedangkan dua kelompok lainnya yakni kelompok Maju Bersama dan Narewa mendapat bantuan 10 ekor anak babi.

Saat memberikan bantuan, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen didampingi Karo Humas dan Prokotoler Setda Papua, Israil Tommy Ilolu mengatakan, untuk masyarakat, Gubernur Papua melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di wilayahnya telah memberikan 10 bibit babi dan 15 ekor sapi.

“Pak gubernur berharap ternak yang diberikan bisa dipelihara dengam baik, sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat,” terang Hery di hadapan kepala kampung dan masyarakat, Kabupaten Keerom, Rabu (9/8).

Kata Sekda,  semua kebijakan dari gubernur untuk memperhatikan masyarakat sangat luar biasa. Dimana dana otonomi khusus 80 persen diberikan kepada kabupaten/kota dan semuanya itu diatur oleh pemerintah kabupaten/kota untuk masyarakat.

“Gubernur memiliki prinsip masyarakat ada di kabupaten/kota. Jadi bupatilah yang paling mengerti masyarakat. Jadi sekarang semua urusan ada di kabupaten/kota,” ucapnya.

Kebijakan lain, juga memperhatikan penyelenggaraan pemerintahan, agama dan adat harus jalan bersamaan. Termasuk bantuan-bantuan keagamaan, baik Kristen, Kristen Katolik, Islam, Hindu, dan Budha.

“Untuk itu, kita sama-sama masyarakat Keerom menolak kelompok-kelompok garis keras, dan kami sudah peringatkan sebanyal tiga kali, apabila tidak diindahkan maka akan di eksekusi,” tegasnya.

Dirinya berharap kepada para kepala kampung agar menjaga dengan baik, tidak ada orang lain yang masuk kampung mau merusak semua tatanan yang ada ini.

Ditambahkannya amanah undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) sudah jelas. Sehingga kepada masyarakat mulai dari kampung sampai provinsi harus bersama-sama menjaga Papua. “Mari jaga Papua ini bersama-sama agar kita semua sama-sama bangkit, mandiri dan sejahtera,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Kepala Kampung Wulukubun, Moh. Nur Gani menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang benar-benar memberikan perhatian kepada masyarakatnya. Dirinya berharap, perhatian yang diberikan tidak hanya berhenti sampai di sini, namun dapat terus ditingkatkan.

“Atas nama pemerintah kampung, kami menyampaikan terimakasih kepada gubernur. Semoga niat baik ini mendapat balasan dari Tuhan,” harap Nur.

Sedangkan Kepala Kampung Walma, Sem Tabuni, juga  memberikan apresiasi kepada Gubernur yang telah memperhatikan masyarakatnya. “Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi,  semoga ke depan masyarakat tetap diperhatikan,” kata Sem.

Sekadar diketahui, selain memberikan bantuan puluhan bibit ternak. Pemerintah Provinsi Papua juga memberikan bantuan anggaran kepada masyarakat setempat untuk dipakai membangun kandang dan hal-hal lainnya. (YMF

Facebook Comments Box