Pemerintah Papua Harap Dapat Bekerjasama Lebih dengan Pemerintah Sumbar

Penyerahan cenderamata Pemerintah Provinsi Papua kepada Gubernur Sumbar.

JAYAPURA (PB) – Kamis (26/10), pekan kemarin, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, mengunjungi Kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua.

Kunjungan gubernur dari Rana Minang itu merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya pada bulan Mei lalu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengunjungi Kabupaten Tana Datar, Sumatera Barat, yang disambut keluarga besar Minang serta diberikan penghargaan dengan gelar, “Sangsako Sutan Rajo Panglima Gadang” yang berarti “Sultan Raja Panglima Besar”.

Saat kunjungan itu, Gubernur Sumbar diterima Asisten Bidang Pemerintahan Hukum dan HAM Sekda Papua Doren Wakerkwa, SH yang mewakili Gubernur Papua di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua di Jayapura.

Saat memberikan sambutan, Doren mengatakan kehadiran Gubernur Irwan diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk bekerjasama di bidang pendidikan, sosial budaya, pertanian, kehutanan dan perikanan. “Kami mengharapkan di masa akan datang kerjasama dapat berlanjut dapat diimplementasikan terutama di bidang pendidikan dan pertanian,” harapnya.

Provinsi Sumbar mempunyai Universitas Andalas yang merupakan universitas terbaik di Sumatera dan Indonesia. Diharapkan perguruan tinggi ini dapat bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih, terutama di bidang teknologi pertanian maupun kehutanan. Selain itu juga diharapkan dapat  melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa agar kedua universitas ini dapat maju dan berkembang secara bersama. “Termasuk di masa depan melakukan studi banding agar apa yang sudah maju dan pesat di Sumatera Barat dapat kami contoh dan dapat kami bangun di Tanah Papua,” harapnya.

Selain itu juga para pendatang di Tanah Papua berasal dari seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang sampai Maluku khususnya dari Tanah Minang membangun Tanah Papua. “Kami yakin para pendatang Minang dengan pepatah ‘dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung’. Tentunya pepatah ini menjadikan orang Sumatera Barat dapat membawa diri dimana tempat berada termasuk di Papua,” tuturnya.

Keberadaan perantau Minang di Papua diharapkan dapat membangun tanah Papua sebagai kampung halamannya juga. “Sehingga orang Minang yang ada di Papua adalah juga sebagai orang Papua,” ucapnya.

Sebab diyakini sudah beberapa generasi asal Rana Minang yang lahir dan besar di Papua, sehingga merupakan tanah kelahirannya sekaligus adat istiadat meningnya tetap dapat terjaga. Saat melakukan kunjungan kerja di Papua, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta rombongan tiba di Bandara Sentani Jayapura, Papua. Rombongan Gubernur  disambut tarian adat Papua, serta oleh jajaran Pemerintah Provinsi Papua dan masyarakat Minang di Jayapura.

Rombongan terus melanjutkan perjalanan ke ibukota Provinsi Papua yaitu Jayapur. Di Jayapura rombongan Gubernur disambut oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, jajaran Polda Papua dan penyambutan secara Adat Papua. Gubernur juga singgah untuk mengunjungi Sekolah Terpadu dan sekaligus melakukan Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jayapura. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *