Daya Serap SKPD Pemprov Papua Sudah di Atas 50 Persen

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musaad

JAYAPURA (PB) – Pemerintah Provinsi Papua menargetkan peningkatan daya serap hingga akhir Desember 2017 dapat mencapai 70-80 persen.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musaad, di Jayapura, akhir pekan kemarin  menjelaskan hingga November 2017 ini, daya serap sudah di atas 50 persen. “Pengalaman yang lalu-lalu, biasanya di akhir-akhir tahun capaian daya serap akan meningkat karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan,” akunya.

Untuk itu, pihaknya berharap capaian daya serap ini akan meningkat secara signifikan sehingga program dan kegiatan yang ditetapkan dapat terealisasi. “Yang harus diingat bahwa serapan yang terbesar adalah transfer anggaran otonomi khusus, di mana terdapat 80 persen dana Otsus yang ditransfer ke kabupaten atau kota dan 20 persen untuk provinsi,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk penyaluran dana Otsus sudah sampai pada tahap berikutnya, yakni tahap ketiga, diyakini akan ada peningkatan daya serap. “Kami tetap berkeyakinan daya serap kini berbeda dari tahun sebelumnya, meskipun sesuai penjelasan Gubernur Papua bahwa ada keterlambatan dalam organisasi perangkat daerah, namun tidak kemudian jauh dari tahun-tahun sebelumnya,” urainya.

Selain itu juga ada pekerjaan-pekerjaan yang sudah dikerjakan, tetapi proses administrasi sedang dilangsungkan, hal ini yang menyebabkan masih rendahnya daya serap. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *