Yuliana Pitornela Raih Mahkota Putri Indonesia Tingkat Provinsi Papua

Yuliana Pitornela Fonataba finalis dari Kota Jayapura menjadi juara satu dan resmi mewakili Provinsi Papua dalam ajang kontes kecantikan tingkat nasional yakni Pemilihan Putri Indonesia 2017.

JAYAPURA (PB) – Yuliana Pitornela Fonataba finalis dari Kota Jayapura menjadi juara satu dan resmi mewakili Provinsi Papua dalam ajang kontes kecantikan tingkat nasional yakni Pemilihan Putri Indonesia 2017.

Yuliana Pitornela Fonataba berhasil menjadi juara dari 18 finalis ajang pemilihan Putri Indonesia tingkat Provinsi Papua 2017 yang digelar di Kota Jayapura. Mama Yulce Enembe Ketua Pelaksana Pemilihan Putri Indonesia Daerah Papua, di Jayapura, Selasa (28/11/2017) malam, mengatakan pihaknya berharap perempuan yang berhasil unggul di antara peserta lainnya dapat mengangkat harkat dan martabat Bumi Cenderawasih. “Kami merasa ke depannya harus ada pembinaan-pembinaan dari masing-masing kabupaten/kota yang ada di Papua sehingga para finalis disiapkan dengan matang,” katanya.

Mama Yulce Enembe Ketua Pelaksana Pemilihan Putri Indonesia Daerah Papua.

Menurut Yulce, Papua memiliki 29 kabupaten/kota dengan kearifan lokal yang adat budaya yang unik di mana hal tersebut dapat ditampilkan dengan baik jika disiapkan secara matang. “Sebagai mama Papua, kami tidak ingin memberikan talenta kepada yang tidak berhak sehingga diharapkan apa yang dilihat juri layak sebagai juara maka itulah juaranya,” ujarnya.

Ia berharap adanya perhatian khusus bagi perempuan Papua yang menjadi juara dalam ajang pemilihan Putri Indonesia 2017 ini sehingga lebih siap lagi ke depannya mengikuti ajang-ajang kontes kecantikan lainnya. “Kami pun akan bertanggung jawab mempersiapkan perempuan Bumi Cenderawasih yang menjadi juara dalam ajang Pemilihan Putri Indonesia 2017 tingkat Provinsi Papua ini,” katanya lagi.

Finalis Putri Papua 2017

Sebanyak 18 putri asal Bumi Cenderawasih menjadi finalis ajang pemilihan Putri Indonesia tingkat Provinsi Papua 2017 yang digelar di Kota Jayapura. Yulce Enembe sebagai Ketua Pelaksana Pemilihan Putri Indonesia Daerah Papua,  mengatakan ke-18 putri-putri Bumi Cenderawasih ini merupakan perempuan yang mewakili 29 kabupaten/kota di wilayahnya.

“Sebagai mama Papua, saya berpesan kepada tim juri untuk memilih putri-putri Bumi Cenderawasih yang dianggap terbaik dapat mewakili wilayah timur Indonesia di ajang nasional,” katanya yang juga merupakan istri dari Gubernur Papua Lukas Enembe.

Menurut Yulce, pihaknya berharap putri Papua yang terpilih mewakili Bumi Cenderawasih di ajang nasional dapat mengangkat harkat dan martabat wilayahnya di kancah yang lebih tinggi. “Jadi putri-putri Papua yang kini menjadi finalis di tingkat provinsi ini merupakan perempuan-perempuan Bumi Cenderawasih terbaik di wilayahnya untuk mewakili daerahnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun baru menjalani malam bakat bagi finalis pihaknya berharap yang terpilih dapat menunjukkan bakat dan kemampuannya mewakili Papua. “Meskipun ajang kontes kecantikan tingkat Provinsi Papua baru diselenggarakan pada November ini, namun kami sudah mengusulkan kepada pusat sejak Februari 2017, tetapi karena satu dan lain halnya baru dapat terealisasi kini,” katanya lagi.

Sekadar diketahui, ke-18 finalis tersebut yakni Alfrida Kalem, Khatarin Margita Felle, Josephin Marianna Ramandei Satia, Elfien Andrea, Akdamina Lusia Deda, Dina Diana Imbiri, Putri Irma Beatrix Wakerkwa, Asprilia Pattiheuwean, Neldi Artristi Andoy, Yockbeth Nukuboy, Juliana Nussy, Yoanita Saron Wakerkwa, Yuliana Pitornela Fonataba, Magabale Clarita Balau, Sella Catarina Awak, Maria Yawan, Rosselina Agnes Maniagasi dan Ribka Lusaraamelia Duaramury. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *