BKKBN Papua Jaring Duta Genre di Tiga Daerah

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga pada BKKBN Provinsi Papua Drs. Djonny Suwuh

JAYAPURA (PB.COM)—Perwakilan BKKBN Provinsi Papua melalui Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga pada BKKBN melakukan sosialisasi dan pemilihan Dura GenRe (Generasi Berencana) tahun 2019. Kegiatan yang digelar bersamaan dengan workshop Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) ini dilaksanakan di tiga kabupaten secara serentak yakni di Biak Numfor, Nabire dan Merauke sejak Senin (15/04/2019).

“Jadi tiga kabupaten itu di luar Jayapura yang kita libatkan. Peserta dari Kota dan Kabupaten Jayapura dan Keerom tetap ikut. Yang kami undang adalah para remaja dari Pusat Informasi Konseling dari SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Namun sebelum pemilihan, kami gelar workshop dengan tentang pendewasaan usia perkawinan, masalah narkoba, seks bebas, NAPZA dan sebagainya,” ujar Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga pada BKKBN Provinsi Papua Drs. Djonny Suwuh kepada papuabangkit.com melalui telp dari Merauke, Senin (15/04/2019).

Kepala Bidang KSPK pada BKKBN Provinsi Papua Drs. Djonny Suwuh didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Merauke saat kegiatan workshop dan sosialisasi pemilihan Duta GenRe Merauke di Hotel Ermasu, Merauke, Senin (15/04/2019).

Menurut Djonny, tahapan seleksi Duta GenRe yang sedang dilalui peserta antara lain  test tertulis, wawancara, dan pemaparan atas perosoalan yang diberikan oleh tim seleksi. Kemudian, dari tiap daerah ini, akan dipilih 1 remaja pria dan 1 remaja wanita untuk diutus mewakili daerahnya mengikuti pemilihan tingkat Provinsi Papua pada akhir April hingga awal Mei 2019 bersama peserta dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom.

“Jadi kami akan nilai, baik dari penampilan, ilmu pengetahun dan wawasan tentang persoalan remaja dan sebagainya. Di Merauke, sekitar 40-an peserta hadir, ada dari SMA, SMK dan juga perguruan tinggi seperti Universitas Musamus dan sekolah keperawatan. Tapi yang lulus administrasi sudah 30-an peserta,” Djonny..

Kegiatan workshop KKPBR dan sosialisasi Duta GenRe di Biak.

Djonny.  menjelaskan, sejauh ini, ketiga kabupaten ini baru pertama dilibatkan BKKBN Papua dalam ajang pemilihan Duta GenRe di luar wilayah Jayapura. Ia berharap, dengan antusiasme remaja dan Pemda setempat, ke depan pemilihan akan diperluas melibatkan minimal 10 kabupaten di luar Jayapura.

Kegiatan workshop PKBR di Merauke dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Merauke di Hotel Ermasu, Senin (15/04/2019).

“Kami sangat berterima kasih karena Perwakilan BKKBN Papua bisa memilih Merauke untuk menjadi tempat seleksi Duta GenRe tahun ini ke tingkat provinsi. Dari workshop ini kita temukan ada banyak masalah yang tengah menimpa remaja saat ini yang harus kita cari jalan keluarnya,” kata Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Merauke, Olvia Mandala.

Ia berharap dengan kegiatan ini remaja yang akan terpilih menjadi Duta GenRe Kabupaten Jayapura dapat mengharumkan nama Merauke saat mengikuti pemilihan Duta Genre Provinsi Papua 2019 di Jayapura.

“Kami akan siapkan sekretariat khusus bagi komunitas GenRE di kantor kami sehingga menjadi tempat komunikasi seluruh remaja yang ada di Merauke untuk menjadi pionir bagi remaja-remaja lain, menjadi informan bahkan penyuluh di tingkat distrik,” ujar Olivia Mandala.  (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *