Penerbangan Subsidi Perintis Ke 10 Distrik di Yahukimo Tekan Harga Barang

Sekretaris Daerah Yahukimo Tarully Maniagasi, SE

DEKAI (PB.COM)—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Papua membuka penerbangan subsidi  pesawat perintis baik penumpang dan kargo ke 10 distrik. Hal ini bertujuan agar pasokan kebutuhan pokok masyarakay maupun mobilisasi orang dan barang dari Dekai, ibukota Yahukimo ke distrik-distrik itu berjalan lancar.

Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Yahukimo Tarully Maniagasi, SE berharap penerbangan subsidi pesawat perintis bagi penumpang dan kargo ini dapat menekan kemahalan harga di distrik dan kampung terpencil di Yahukimo.

Sekda Tarully saat memimpin Rapat Evaluasi Penerbangan Subsidi Perintis, Jumat (23/08/2019)di ruang rapat Kantor UPBU Kelas II Bandara Nop Goliat .

“Penerbangan perintis tersebut akan melayani penumpang dan kargo dari bandara Nop Goliat Dekai menuju ke distrik disktrik yang ada di kabupaten yahukimo. Selain itu, penerbangan perintis ini juga mengangkut kargo gratis berupa barang barang yang menjadi  kebutuhan pokok masyarakat,” kata Sekda Tarully kepada awak media usai memimpin Rapat Evaluasi Penerbangan Perintis Penumpang dan Cargo bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) UPBU Bandar Udara Nop Goliath Dekai dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di lingkungan Pemkab Yahukimo di ruang rapat Kantor UPBU Kelas II Bandara Nop Goliat, Jumat (23/08/2019).

Menurut Sekda Tarully, kebijakan ini diambil untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan rasa keadilan sosial dan pemerataan ekonomi. Pemda Yahukimo, kata Tarully, berharap agar dengan adanya pesawat subsidi perintis ini, harga barang-barang yang ada di distrik dan kampung sama dengan yang dijual di Kota Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo.

Kepala Seksi UPBU Kelas II Bandara Nop Goliath Dekai selaku Penjabat Pembuat Komitmen, Agustinus Felle mengatakan ari 23 distrik yang diusulkan  Pemda Yahukimo ke maskapai penerbangan, baru 10 distrik yang bisa dilayani.

Kesepuluh distrik yang mendapat fasilitas penerbangan subsidi pertintis penumpang dan cargo gratis yaitu distrik Holuwon, Anggruk, Silimo, Ninia, Sobaham, Pasema, Soba, Fenterik, Oksibil dan Distrik Kosarek.

“Rencana ke depan kita akan addendumkan kotrak perintis penumpang paket 1 dan perintis kargo paket 1 dengan penambahan beberapa rute paket 2 ke dalam paket 1 dengan menyesuaikan ketentuan yaitu tidak melebihi 10 % dari nila kontrak awal,” kata Agustinus.

Menurutnya, untuk subsidi perintis penumpang, pihaknya berencana akan melakukan penambahan sebanyak 4 rute yaitu ke Distrik Duram, Nalca, Sela dan Sinokla. Sementara untuk perintis kargo penambahan 2 rute yaitu pada Distrik Sela dan Distrik Nalca (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *