BKKBN dan PKK Perkuat Kemitraan Tingkatkan Kualitas Keluarga

Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE.MM bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Yolanda Tinal dan Kepala BKKBN Papua Sarles Brabar, SE.MM bersama sejumlah pimpinan OPD dan TP PKK Kabupaten/Kota berfoto bersama.

JAYAPURA (PB.COM)—Perwakilan BKKBN Papua bersama Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Papua menggelar kegiatan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-47 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-XXVI tingkat Provinsi Papua.

Kegiatan yang berlangsung di Wamena, Kabupaten Jayawaijaya, Senin (26/08/2019) itu diikuti seluruh TP PKK Kabupaaten/kota se-Papua dan dibuka oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM.

Turut hadir, Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus pada BKKBN Pusat Drs. Nerius Auparay, M.Si, pimpinan dan staf Perwakilan BKKBN Papua, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Papua Yolanda Tinal, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Papua dan Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si mengatakan giat ini selain memadukan dua momen besar perayaan yakni Hari Kesatuan Gerak PKK dan Harganas juga menjadi ajang memperkuat kemitraan antara BKKBN dan PKK untuk bersama-sama meningkatkan kualitas keluarga Papua.

“Kegiatan ini sangat strategis karena selama ini kemitraan yang kita bangun dengan Tim Penggerak PKK, baik provinsi maupun kabupaten/kota sangat bagus. Ada 10 program utama yang menjadi program kesejahteraan keluarga, dimana di situ kita ada program Keluarga Berencana. Maka kemitraan BKKBN dan PKK ini tidak terputus. Kita punya visi dan misi yang sama yang berorientasi pada penguatan keluarga,” kata Sarles ditemui papuabangkit.com di ruangan kerjanya, Rabu (28/08/2019).

Menurut Sarles, pada kesempatan itu, Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal, SE.MM mengajak seluruh instansi atau OPD lain agar berkolaborasi dengan PKK dalam mendukung program dasawisma PKK guna meningkatkan kualitas keluarga di Papua.

“Jadi bukan hanya tugas kami di BKKBN untuk dukung PKK. Apalagi BKKBN sekarang sudah berubah, dari yang dulu lebih banyak mencari akseptor atau peserta KB, tapi sekarang lebih banyak pada penguatan keluarga. Kita seperti intansi lain yaitu bekerja sama dan bermitra untuk memberikan edukasi dan promosi melalui program-program kesehatan dan keluarga,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tingkat Pusat diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat. Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa HKG PKK kali ini menjadi momen untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan pendapatan ekonomi keluarga.

Sementara itu perayaan Hari Keluarga Nasional XXVI berlangsung di Provinsi Kalimantan Selatan pada Juli 2019. Adapun tema Harganas tahun ini yakni “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana.” (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *