Inpres PON XX Papua Dipastikan Rampung November 

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan Instruksi Presiden (Inpres) baru tentang PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI akan selesai di bulan November.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa di Jayapura, Kamis (31/10)  menuturkan, saat ini pemerintah sangat serius melakukan kesiapan PON XX di Papua. Ini terlihat dalam pertemuan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga pekan lalu. Dimana Inpres PON menjadi satu isu utama, dan saat ini sedang dibahas dari segi legalitas hukumnya.

“Inpres PON masih dalam pembahasan, kita memisahkan rancangan Inpres PON dan Peparnas 2020 di Papua. Kita tidak bisa satukan ivent Pon dan Pepeparnas dalam satu Inpres, pisahkan dulu, agar justifikasi hukumnya jadi lebih jelas,” tutur Alex.

Dia mengaku, dalam Inpres baru ini, Kementerian PUPR mempunyai tanggungjawab untuk membangun venue panahan dan sepatu roda.

“Inpres baru PON ini hanya dua venue saja yang akan dibangun PUPR yakni venue sepatu roda, venue panahan dan penataan kawasan di lokasi venue Doyo dan Kampung Harapan Sentani,” paparnya.

Alex Kapisa memastikan, Inpres baru PON akan ditandatangani Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat, mengingat teman-teman di Kementerian PUPR juga menunggu untuk mereka membangun venue PON Papua.

“Dalam bulan November, Inpres PON sudah harus selesai, karena teman-teman di Kementerian PUPR  akan mendorong proses lelang untuk pekerjaan venue tersebut,  jadi memang kita harus kejar agar inpres bisa keluar cepat,” terangnya.

Alex menambahkan, venue PON XX Papua yang bersumber dari anggaran APBN akan selesai pada  Juli 2020.

“Pembangunan venue yang saat ini sedang berlangsung, khususnya yang dibiayai dengan APBN, secara keseluruhan menunjukkan perkembangan positif, dirinya sangat optimis akan dapat diselesaikan tepat waktu,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Anggoro Putro, Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket saat ditemui di kompleks Istora beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa sampai saat ini capaian-capaian sangat menggembirakan dalam penyelesaian venue-venue yang ditugaskan kepada pemerintah pusat.

Dengan kemajuan yang dicapai itu, Anggoro pun optimistis bahwa venue-venue yang sedang disiapkan dapat selesai tepat waktu.
“Istora kami targetkan selesai pada akhir Juni 2020 dan aquatic pada akhir Juli 2020,” tandasnya. (Andi/Frida)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *