Billy Mambrasar: Konsultasi Publik RADTPB Penting Dengarkan Akar Rumput

Staf Khusus Millenial Presiden Joko Widodo, Billy Gracia Mambrasar sebagai duta SDGs hadiri Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (RADTPB) Pemerintah Provinsi Papua 2019-2023.

JAYAPURA (PB.COM) – Staf Khusus Millenial Presiden Joko Widodo, Billy Gracia Mambrasar mengapresiasi kegiatan Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (RADTPB) Pemerintah Provinsi Papua 2019 -2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Papua ini, berlangsung di salah satu hotel di Jayapura, Rabu (11/12/2019), dan dihadiri oleh perwakilan OPD Pemprov Papua dan para Mitra kerja.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat penting sekali, yang mana mengumpulkan ide dari level terbawah yang menjadi  tujuan tersebut dan harus ada progress, dan follow up nya,” ujar Billy yang merupakan Duta SDGs (Pembangunan Berkelanjutan).

Menurut dia, kegiatan ini harus dilakukan secara berkelanjutan. Dimana konsultasi publik seperti ini, mendengar update (perkembangan terkini) pembangunan yang sesuai.

“Jadi menurut saya sangat penting sekali bagaimana pemerintah pusat mendorong pembangunan itu dengan dari akar rumput ataupun Mitra pembangunan yang lain melalui diskusi public,” tukasnya.

Sementara itu Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Gubernur Papua, Bidang Perekonomian Pembangunan Dan Kesejahteraan Rakyat, Ani Rumbiak mengatakan sesuai dengan peraturan no 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, maka Papua telah siap melaksanakannya.

“Pemerintah Provinsi Papua, salah satu provinsi yang memiliki komitmen melaksanakan TPB, yang mana sampai saat ini beberapa persiapan sudah dilaksanakan oleh Pemprov Papua mulai dari melakukan sosialisasi sampai dengan tahapan, merumuskan RAD dalam upaya mendukung pencapaian target, dengan tujuan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Papua,” kata Ani.

Karena Provinsi yang mengagas rencana aksi TPB ini, oleh karenanya, ujar Ani diharapkan dapat diikuti oleh kabupaten kota di Papua.

Untuk itu, lanjut Ani, dalam rangka mendorong tercapainya pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan di Papua, maka  pemprov dengan di dukung oleh, mitra pembangunan akan melaksanakan penyusunan RAD TPB tahun 2019 – 2023 yang selanjutnya RAD TPB ini diharapkan dapat mengakomodir visi dan misi Gubernur.

“Seperti memantapkan kualitas daya saing SDM, memantapkan rasa aman, tentram dalam damai, serta kehidupan demokrasi, dan yang peting percepatan pembangunan daerah tertinggal, terluar dan tertentu,” bebernya.

Ani menambahkan, adapun tujuan besar RADTPB ini adalah untuk menghapuskan kemiskinan, mengurangi ketimpangan dan melindungi lingkungan serta dilaksanakan dengan menjunjung tinggi HAM, mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. (Andi/Frida)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *