Jokowi: “Saya Orang Demokrat”

Presiden Jokowi membuka secara resmi kegiatan Rapimnas Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Sabtu (10/03/2018) disaksikan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 BOGOR (PB)—Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Sabtu (10/03/2018). Dalam sambutannya Presiden Jokowi menegaskan ia juga adalah seorang Demokrat.

Menurut Presiden Jokowi, seorang Demokrat itu bisa mendengarkan suara dan pendapat orang lain. Seorang Demokrat itu bisa menghargai perbedaan-perbedaan tanpa menjadikannya sebagai sumber permusuhan. Karena itu, Jokowi menegaskan dirinya bukanlah seorang otoriter, ia mengkui tidak memiliki potongan seorang otoriter.

“Pernah di Sosmed ada yang menyebut saya sebagai pemimpin otoriter. Tapi menurut saya tidak ada potongan pemimpin seperti itu. Wajah saya tidak sangar, kemana mana selalu tersenyum. Saya bukan pemimpin otoriter tapi pemimpin Demokrat. Yang mana ciri ciri demokrat yaitu selalu mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. Tidak menjadikan perbedaan sebagai sumber permusuhan. Ya kalo itu saya memenuhilah kriterianya. Artinya saya dengan pak SBY itu beda beda tipislah. Kalau saya seorang Demokrat, lah pak SBY sebagai Ketua partai Demokrat,” ujar Jokowi berseloroh

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan saat membuka Rapimnas Partai Demokrat.

Jokowi mengakui Demokrasi Indonesia memang sudah baik tapi perlu diupayakan terus diperbaiki semkin lebih baik. Reformasi politi harus terus dilakukan, tidak hanya pada dimensi sistem dan penyelenggaraan pemilu ya g berkualitas. Tapi kedewasaan berpolitik harus dibangun, etika berpolitik, tata krama berpolitik dan keadaban dalam berpolitik.

Dalam arahahnnya, Jokowi menekankan kepada semua kader, Pertama, untuk tetap membangun kedewasan dan etika berpolitik, tata krama berpolitik dan keadaban dalam berpolitik. Kedua, harus membuat demokrasi lebih dirasakan oleh rakyat yaitu demokrasi yang lebih mensejahterakan rakyat dan demokrasi untuk memakmurkan rakyat

“Dua hal tersebut jadi penting dalam membangun agenda politik di negara kita. Kontentasi dalam pilkada, pileg dan pilpres harus menjungjung tinggi etika dan keadaban. Kontentasi dan saling menghargai saling menghormati,” kata Jokowi.

Sejumlah petinggi DPD Partai Demokrat Papua yang ikut hadir pada acara Rapimnas. Tampak Wakil Ketua DPD PD Papua Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si dan Sekretaris DPD PD Papua Carolus Bolly, SE,MM dan wakil sekretaris Maria Duwitau.

Jokowi juga mengimbau kepada setiap kader Demokrat dan semua partai politik untuk tidak saling mencela dan mencemooh, saling mengadu domba. Menurutnya adu gagasan dan berbeda pendapat itu biasa namun tetap harus menjunjung tinggi adat ketimuran kita serta sopan dan santun.

“Kesatuan dan persaudaaran harus selalu diutamakan. Kita para pelaku politik harus memberikan teladan bagi masyarakat luas dan generasi muda kita,” ujar Jokowi.

 

Dihadiri Sejumlah Petingi DPD PD Papua

Kegiatan Rapimnas Partai Demokrat yang bertemakan “Demokrat S14P!” yang membahas persiapan pemilu Partai Demokrat di 2019 ini dihadiri juga oleh sejumlah petinggi DPD Partai Demokrat Papua, antara lain para Wakil Ketua DPD PD Papua, R. Ham Pagawak, SH,M.Si, Usman Wanimbo, SE, M.Si, Mustakim HR, SE, SH, M.Si,MH & Willem Indey, SH. Sekretaris DPD PD Papua Carolus Bolly, SE,MM dan para Wakil Sekertaris yaitu Maria Duwitau & El Bahar Conoras, SE serta Direktur Eksekutif (DE) DPD PD Papua: Jus Jefry Kaunang, SE & Wakil DE Wahyu Wijanarko.

Sejumlah petinggi DPD Partai Demokrat Papua yang ikut hadir pada acara Rapimnas.

Sementara untuk Ketua DPD Demokrat Papua, Lukas Enembe SIP.MH berhalangan hadir karena sedang mengikuti kegiatan kampanye Kampanye Pilgub Papua. Dimana Lukas akan kembali maju sebagai Calon Gubernur petahana berpasangan dengan Cawagub, Klemen Tinal SE.MM

Sekertaris DPD Demokrat Papua, Carolus Bolly dalam rilisnya kepada papuabangkit.com Jumat (09/03/2018) mengatakan hingga pukul 00.00 malam ini, setidaknya telah hadir perwakilan dari 15 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Kota se-Papua dan atau sekitar 100 DPAC Tingkat Distrik.

“Saya berharap sampai proses registrasi peserta esok pagi, masih akan datang DPC PD Kab maupun DPAC PD  tingkat Distrik se Papua,” kata Carolus.

Sejumlah kader Partai Demokrat Papua saat bersiap mengikuti kegiatan Rapimnas.

Menurut Carolus, tidak ada agenda khusus yang dibawa oleh DPD PD Papua maupun DPC PD Kab/Kota untuk disampaikan dalam Rapimnas Partai berlambang bintang mercy ini.

“Tapi kami semua yang hadir dari Papua akan mengikuti berbagai agenda Rapimnas PD yang sudah disiapkan oleh DPP PD. Kalaupun nanti diminta laporan dari DPD PD Papua, maka akan kami menyampaikan kesiapan Papua menghadapi Pilkada di tujuh Kabupaten dan juga Pilgub,” tutur Carolus. (Stysan/Humas Demokrat Papua)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *