Beberapa Bupati di Papua Diusulkan Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.M.Si

JAYAPURA (PB.COM)—Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.M.Si mengatakan pihaknya mengusulkan beberapa kepala daerah tingkat II di Provinsi Papua untuk menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN Pusat tahun ini.

Penghargaan bergengsi itu sedianya akan diterima para bupati pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang akan diselenggarakan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Juni 2020 mendatang.

“Kami sudah kumpulkan data dari beberapa bupati yang dalam penilaian kami dan juga dari penilaian dari pihak yang berkompeten, layak untuk menerima penghargaan itu. Data itu lalu kami kirim ke BKKBN Pusat untuk diseleksi dan diberi penilaian,” ujar Sarles Brabar kepada papuabangkit.com di ruang kerjanya, Jumat (21/02/2020).

Menurut Sarles, indikator penilaian adalah kepala daerah yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait yakni Badan/Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB setempat.

“Secara khusus kami memilih beberapa bupati yang mengambil kepedulian terhadap kesehatan ibu dan anak lewat program nyata, penyiapan fasilitas penunjang,  intervensi dana, dan juga perhatian terhadap masalah keluarga dan kependudukan di Papua. Tapi kami tidak pilih sendiri, tetapi juga mendengar masukan dari pihak-pihak yang berkompeten. Nama-nama bupati masih off the record ya,” kata Sarles.

Sarles juga menjelaskan, selain Manggala Kencana, pihaknya juga mengusulkan beberapa sosok non pemerintah (swasta) atau masyarakat untuk menerima penghargaan Wira Karya Kencana (WKK) karena kiprahnya dalam program Bangga Kencana dan masalah kesehatan ibu dan anak itu.

“Sedangkan penghargaan Satya Lencana dari presiden tahun ini  tidak kita usulkan tahun ini. Sebab syarat penerima penghargaan ini adalah para kepala daerah yang sudah menerima penghargaan Manggala Kencana. Dua tahun lalu kan Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano di Manado,” tutup Sarles.

Rencananya, Pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 akan digelar pada (8-11/7) di Taman Imam Bonjol Kota Padang dimana pada hari puncaknya tanggal 11 Juli 2020 akan digabung dengan peringatan Hari Anak Nasional yang pada rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, Nofrijal mengatakan Harganas kali ini juga diisi dengan serangkaian kegiatan seperti Jambore Nasional Kampung KB (Keluarga Berkualitas), Peringatan ke-50 BKKBN dengan penyerahan 10 pin emas Anniversary, serta peringatan Hari Kepependudukan Dunia (Word Population Day) pada 11 Juli mendatang. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *