Tampak Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo.

 

DEKAI (PB.COM)Kantor Unit Penyelengara Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua menggelar simulasi pelayanan penumpang yang masuk di ruang kedatangan terminal bandara, Selasa (22/06/2020).

Kepala Bandara Nop Goliad Dekai, Setyani Mahendra mengatakan tujuan dari kegiatan simulasi yang dilakukan adalah dalam rangka menyambut kebijakan New Normal dan relaksasi penumpang yang masuk melalui Bandara Nop Goliad Dekai, yang tinggal menunggu kepastian jadwal penerbangan dari pihak maskapai.

“Simulasi ini penting digelar agar ketika bandara dibuka maka semua komponen yang terlibat, baik pihak bandara, tim kesehatan, keamanan dan tim dari Gugus Tugas  Covid serta Pemda Yahukimo sudah siap bersinergi di lapangan dan paham dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing,” katanya.

Kepala Bandara Nop Goliad Dekai, Setyani Mahendra saat memberikan arahan pada giat simulasi kedatangan penumpang.

 

Orang nomor satu di Bandara Nop Goliat Dekai ini juga menegaskan bahwa dalam simulasi yang dilakukan ini pihaknya memperagakan Standar Prosedur Operasional (SOP) tentang alur penumpang yang tiba sampai masuk ke ruang terminal kedatangan.

“Untuk prosedurnya ketika penumpang datang, perwakilan maskapai membawa berkas kepada petugas bandara dan petugas kesehatan. Setelah itu penumpang diarahkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disiapkan dengan sabun. Kemudian, penumpang masuk ke ruang kedatangan melalui jalur yang sudah disiapkan, lalu menempati kursi yang sudah disiapkan untuk dilakukan tes suhu dan verifikasi berkas,” ujarnya.

Menurut Setyani, dari hasil simulasi yang dilakukan ini, estimasi waktu untuk satu penumpang bisa memakan waktu 5-15 menit untuk transit di ruang kedatangan sampai proses pemeriksaan dan verifikasi berkas. Selesai itu, barulah penumpang bisa keluar dari ruang kedatangan.

“Begitu juga untuk keberangkatan. Jadi mohon maaf sebelumnya jika lama, karena inilah situasi yang harus kita terima. Situasi juga belum normal karena kita baru transisi ke New Normal. Protokol kesehatan ini harus kita jalankan agar menjaga Yahukimo tetap ada di zona hijau wabah Covid,” tuturnya.

Turut ambil bagian dalam simulasi yang dikordinir oleh pihak Bandara Nop Goliat ini sejumlah pihak terkait, di antaranya tim kesehatan, RSUD Dekai, pihak airlines, GH Airnav, KP3U, bantuan TNI, dan operasional bandara. Hadir juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Yahik Suhuniap, SE selaku Kordinator Satgas Komunikasi, Informasi dan Edukasi serta Kapolres Yahukimo. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments Box