Prosen KBM di salah satu sekolah dasar di Kepulauan Yapen (foto: tribunews.com)

 

JAYAPURA (PB.COM)—Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) mengatakan sebanyak 289 anak usia sekolah yaitu 0-18 tahun di Provinsi Papua positif terinfeksi Covid-19 selama Maret hingga 11 Agustus 2020.

Oleh karena itu, Sumule meminta semua sekolah di Papua yang hendak membuka proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan tatap muka langung harus benar-benar sudah menyiapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus ini di sekolah.

“Kasus Covid yang menimpa warga usia anak ini 1o persen dari total kasus kita, sedangkan lansia 4 persen dan dewasa 58 persen. Ini kita termasuk tinggi karena data nasional saja kasus Covid yang menimpa anak 8,6 persen dari total kasus. Kasus anak ini menyebar di hampir semua wilayah zona merah di Papua. Tetapi puji Tuhan, kasusnya bersifat sakit ringan dan sedang. Anak-anak usia sekolah ini jadi pengawasan bagi kita semua,” kata dr. Silwanus Sumule saat memberi keterangan pers secara virtual kepada wartawan, Selasa (11/08/2020).

 

Menurut Sumule, keselamatan dan kesehatan anak didik harus menjadi fokus utama ketika proses KBM dibuka. Oleh karena itu, pihak penyelenggara sekolah harus memastikan ketersediaan sarana pendukung untuk protokol kesehatan, mulai dari masker, air tendon dan sabun untuk cuci tangan, hingga pengaturan jarak tempat duduk.

“Penyelenggara sekolah harus berkoordinasi dengan para orang tua dan komite sekolah sebelum benar-benar membuka KBM ini. Opsi lain, bisa saja pembelajaran tatap muka langsung ini dilakukan bergilir sehingga jumlah siswa tiap ruangan hanya 50 persen,” kata Sumule.

Sumule mengaku pihaknya bersama Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua terus membangun koordinasi dengan dinas pendidikan di kabupaten/kota guna memantau pelaksanaan KBM di seluruh daerah agar benar-benar berjalan dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di masa new normal ini. (GustyMasan Raya)

Facebook Comments Box