Sambut Hari Kemerdekaan, Kelompok Sayai Gelorakan Menanam Sayur Kol

 

Penanaman perdana sayur kol dilakukan oleh Kepala Distrik Oridek, Arolius Mofu, SE bersama tiga kepala kampung di Kampung Bakribo, Sabtu (15/8/2020).

BIAK (PB.COM) – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75 tahun 2020, jadi momentum petani kelompok Sayai, Kampung Bakribo, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor menggelorakan semangat menanam sayur kol di tengah kondisi pandemi COVID 19.

Penanaman perdana sayur kol dilakukan oleh Kepala Distrik Oridek, Arolius Mofu, SE bersama tiga kepala kampung di Kampung Bakribo, Sabtu (15/8/2020). Ia berharap penanaman perdana yang dilakukan Kelompok Sayai ini dapat memotivasi para petani lainnya untuk tetap bisa menanam berbagai macam jenis sayur.

“Saya mengapresiasi para petani kelompok ini, saya mengharapkan ini menjadi motivasi bagi para petani di kampung-kampung lain, untuk juga menanam macam-macam sayur,” ungkapnya di sela penanaman.

Kata Mofu, penanaman yang sudah dilakukan, hendaknya dilanjutkan dengan sistem kerja yang baik, terutama manajemen kelompok yang baik, sehingga kelompok dapat terus bekerja dan terus berkembang. “Manajemen penting, sehingga harus ada kelanjutan dari proses penanaman ini, tidak hanya sampai disini saja,” katanya.

Sementara Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Biak Numfor, Adrianus Faidiban menjelaskan dirinya tersentuh dengan apa yang ditunjukkan para petani kelompok Sayai, yang secara mandiri melakukan penanaman sayur.

“Saya tanya ada penyuluh atau tidak, mereka sampaikan tidak, nah ini yang membuat saya tersentuh, mereka mau bekerja keras, kehadiran saya disini membantu mereka,” katanya.

Adrianus menuturkan bahwa penanaman sayur yang dilakukan ini merupakan bentuk kerja keras yang patut diapresiasi, mengingat para petani konsisten untuk mengaplikasikan apa yang disampaikannya dalam pendanpingan yang selama ini dilakukan.

“Kami mengharapkan dukungan dari bapak Kepala Distrik, untuk dapat mendorong para kepala desa menggerakkan para petani untuk mengikuti apa yang sudah ditunjukkan oleh kelompok ini, aplikasi dari apa yang disampaikan dilaksanakan dengan baik,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kelompok Sayai, Eko Yensenem menambahkan bahwa penanaman yang dilakukan oleh pihaknya, merupakan penanaman kedua kalinya, setelah sebelumnya melakukan penanaman sayur kangkung.

“Penanaman ini dilakukan, dengan harapan ke depan sayur yang kita tanam ini bisa dipasarkan, tidak hanya itu tetapi kelompok juga berkomitmen ke depan tidak hanya menanam sayur kol, seperti pada saat ini, tetapi jenis sayur maupun tanaman lainnya,” tambahnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *