Pekan Depan KPU Yahukimo Umumkan Seleksi Calon Kepala Daerah

Ketua KPU Yahukimo Yesaya Magayang

JAYAPURA (PB.COM)—Setelah proses pendaftaran bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Yahukimo pada 4-6 September 2020 lalu, maka KPU Yahukimo sesuai tahapan akan mengumumkan hasil seleksi berkas pasangan balon kepala daerah Yahukimo pekan depan yaitu 16-17 September 2020.

Ketua KPU Yahukimo Yesaya Magayang, Rabu (09/09/2020) mengatakan   pengumuman hasil seleksi pemberkasan bakal calon bupati dan wakil bupati Yahukimo akan diumumkan pada tanggal 16-17 September 2020, melalui media cetak, media online, media elektronik, serta di tempat-tempat umum lainnya.

“Setelah mengumumkan hasil seleksi pemberkasan bakal calon, selanjutnya akan dilakukan pleno bakal calon, pencabutan nomor urut, dan kampanye damai. Setelah itu barulah mengeluarkan jadwal-jadwal kampanye bagi  bakal calon  di 51 distrik,” ujar Yesaya kepada papuabangkit.com di Dekai.

Menurut Yesaya, adapun dua pasangan balon yang mendaftar dalam konstetasi politik lima tahunan di Yahukimo kali ini yakni Abock Busup-Yulianus Heluka didukung 24 kursi dan Didimus Yahuli-Esau Miram dengan 11 kursi.

“Jadi pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati resmi ditutup pada hari minggu 06 september 2020  pukul 24.00 wit yang disaksikan oleh Bawaslu Yahukimo dan Polres Yahukimo. Hanya ada dua pasangan yang mendaftar,” tegasnya.

Ia menjelaskan, tenggang waktu antara tanggal 7-16 September adalah diberi kesempatan kepada para balon untuk memperbaiki berkas dan melengkapi dokumen yang masih kurang dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi.

KPU dan Bawaslu Yahukimo, kata Yesaya, juga akan mendampingi kedua pasangan bakal calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, dan mendatangi kampus-kampus pendidikan terakhir dari bakal calon  sesuai dengan ijazahnya untuk memeriksa keaslian dokumen ijazah para balon.

“Waktu terus berjalan, jadi kami minta kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk secepatnya memperbaiki dan melengkapi persyaratan yang belum lengkap,” pintanya.

Yesaya berharap kepada semua komponen masyarakat Yahukimo untuk secara bersama-sama menjaga keamanan agar pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *