Sumule Akui Ada ASN Pemprov Papua Positif Covid-19

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule

JAYAPURA (PB.COM) – Juru Bicara Satgas Covid-19 Silwanus Sumule mengaku secara umum ada Aparatur Sipil Negara (ASN) pada sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dinyatakan positif.

“ASN yang dinyatakan positif ada pada sejumlah OPD kita, itu sudah ada,” katanya kepada wartawan di Jayapura, Jumat (18/9/2020).

Namun ASN yang terpapar Covid-19 berada di OPD mana, Sumule enggan menjelaskan secara rinci. “Saya tidak bisa jelaskan OPD mana, tetapi secara umum ada,” terangnya.

Menurutnya, untuk penanganan terhadap ASN yang terpapar Covid-19, masing-masing kepala OPD telah mengambil kebijakan seperti melakukan karantina mandiri dan kerja dari rumah.

“Masing-masing kepala OPD telah mengambil langkah bijak untuk menyelesaikan kondisi ini, hal di awali perintah dari pak Wakil Gubernur. Dimana ASN harus memberi contoh melakukan Swab,” kata Sumule.

Lanjutnya, hingga saat ini sejumlah OPD telah melakukan Swab. Namun mengenai berapa jumlah ASN yang telah melakukan Swab, belum diketahui secara pasti.

“Swab akan terus dilakukan seperti Biro Hukum sudah memasukkan data, tidak hanya lingkungan OPD Pemprov, kementerian dan Lembaga sudah minta seperti BPK dan Bank,” ucapnya.

Langkah-langkah yang dilakukan OPD dalam penanganan Covid-19 tersebut, dimana ada yang meliburkan pegawai dan bekerja dari rumah agar aktivitas pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

“Kami tawarkan tiga hal karantina mandiri, karantina terpusat dan perawatan di rumah sakit, ada beberapa yang ketika dilakukan komunikasi, mereka minta dirawat di rumah namun lebih banyak minta isolasi mandiri,” jelasnya. (Toding)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *