Sukses Bekerja di Tengah Covid, Gubernur Lukas Terima Public Leader Awards

Kartu Ucapan untuk Gubernur Papua Lukas Enembe atas penghargaaan Beritasatu Public Leader Awards 

 

JAYAPURA (PB.COM)–Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH menerima penghargaan “Beritasatu Public Leader Awards” bersama 6 menteri cabinet Jokowi dan 8 gubernur di Indonesia. Lukas dinilai sebagai salah satu kepala daerah yang berhasil bekerja di tengah pandemi Covid-19

Penyerahan penghargaan telah dilakukan Selasa (23/02/2021) dalam sebuah acara yang disiarkan secara langsung Beritasatu News Channel pukul 19.00-21.30 WIB. Penghargaan kepada 14 pemimpin publik tersebut didasarkan penilaian yang dilakukan tim juri yang diketuai mantan menteri komunikasi dan informatika, sekaligus mantan menteri pendidikan nasional yang saat ini menjadi ketua Dewan Pers, M. Nuh.

Beritasatu Public Leader Awards merupakan reward bergengsi secara nasional yang diberikan kepada pemimpin publik oleh Berita Satu Media Holdings karena dinilai memiliki kinerja yang inovatif selama pandemi Covid-19.

Tim juri beranggotakan Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro, epidemiolog yang juga Direktur Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Riris Andono Ahmad, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, serta Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings Primus Dorimulu.

Adapun 6 menteri yang menerima penghargaan ini yakni, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.

Sementara 5 gubernur lain yang menerima penghargaan yang sama seperti Gubernur Lukas ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Ketua Dewan Juri M. Nuh menjelaskan, pemberian penghargaan ini untuk membangun tradisi memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang berprestasi. Dalam situasi pandemi, kondisi yang dihadapi para pemimpin publik di masyarakat bertambah berat. Untuk itu diperlukan kapasitas kepemimpinan inovatif yang mampu mengambil terobosan menghadapi situasi pandemi akibat Covid-19.

“Parameter penilaian ditekankan pada upaya yang dilakukan dalam penanganan pandemi, sekaligus upaya yang dilakukan untuk meminimalkan dampaknya terhadap sektor kehidupan lain, terutama sektor ekonomi. Parameter yang digunakan untuk menilai kinerja gubernur sangat objektif dan terukur, karena berdasarkan indikator penanganan Covid-19 dan indikator kondisi ekonomi, seperti tingkat pengangguran dan pergerakan ekonomi. Sedangkan parameter yang digunakan untuk menilai kinerja para menteri didasarkan pada kompleksitas persoalan yang dihadapi di kementerian yang dipimpin serta terobosan kebijakan yang diambil. Elemen yang tak kalah pentingnya adalah adanya upaya lain yang dilakukan di luar tugas pokok kementerian untuk membantu menangani pandemi,” kata Nuh.

Menurut Nuh, dalam penilaian juri, Gubernur Lukas dinilai berhasil menggerakkan berbagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus corona di papua selama tahun 2020, terbukti Papua mampu melakukan tes kepada  1,12 tes /1000 penduduk atau melampaui standard WHO. Hal ini memungkinkan papua melakukan pelacakan pasien covid-19 dengan baik.

Gubernur Papua juga dinilai mampu menekan laju penularan covid-19 di papua, Terbukti dengan tingkat penularan aktual atau RT di papua turun ke angka 0,8 atau di bawah standard RT WHO yaitu 1. Angka kematian di Papua akibat covid-19 juga terbilang rendah yakni 1,1 persen atau di bawah rata-rata  nasional. Dengan peraturan dan tingkat pengawasan yang ketat tingkat kesembuhan pasien covid di papua juga terbilang tinggi yakni mencapai 87 persen atau diatas rata-rata Nasional.

Selain itu, meski dalam masa pandemi Covid-19 di Papua, tingkat pengangguran sepanjang bulan agustus tahun 2020 hanya naik sebesar 0,77 persen dibanding periode yang sama di tahun 2019.

Pemberian penghargaan Bagi Bapak Gubenur  ini, tentunya akan menjadi cambuk bagi para Pejabat dibawahnya serta stakeholder lainnya serta masyarakat di Papua untuk bekerja lebih giat lagi dan menunjukan Papua bisa sejajar dengan daerah lainnya di Indonesaia.  (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *